IMG_0820
Originally uploaded by Derek Hsu

Sebenarnya, aku tidak terlalu suka untuk jalan-jalan di dunia Flickr. Tapi malam ini, iseng-iseng kutelusuri. Sekadar ingin tahu seperti apa foto-foto yang dipasang oleh para penggunanya.

Hasilnya macam-macam. Mulai dari yang bersifat personal, sampai pornografi. Mulai dari pemandangan sampai lingkungan keseharian.Lalu sampailah aku pada koleksi foto Derek Hsu. Salah satunya, sebagaimana yang kupasang pada blog pertama di bulan Desember ini, adalah anjing pudel.

Meski tergolong cukup kecil, tapi aku langsung tahu kalau itu adalah anjing pudel. Dan ketika diperbesar, waaaah, lucu. Dan aku benar-benar ingat akan anjing-anjing pudelku yang ada di rumah. Seperti apa mereka saat ini. Apakah bulunya masih seperti yang dulu? Apa sudah kena kutu? Apa masih suka masuk ke kamar dan tiduran di tempat tidur? Apa masih bisa disuruh naik ke bangku?

Sekarang ini aku tengah menghitung hari. Di tengah kemelut keuangan–aku belum digaji sampai hari ini–yang kualami, aku benar-benar harus berbenah. Bulan ini menjadi bulan terakhirku bekerja di kota yang kucintai. Dan aku sama sekali belum membereskan barang-barangku yang kian menumpuk itu. Entah akan seperti apa.

Lalu bagaimana nasibku? Aku memang ingin pulang, meski tidak untuk selamanya. Dan kalau pulang, bisa kubayangkan. Anjing-anjing pudelku, dan seekor mini pinser, pasti akan berkali-kali melihat ke tangga bawah, gelisah. Seolah-olah mengetahui bahwa salah satu tuannya akan segera kembali. Dan ketika bel kubunyikan, mereka akan melolong dan menggonggong bersahutan.

Kapan itu benar-benar terjadi?